4/13/2017

5 Kebiasaan Setelah Makan Yang Akan Berdampak Fatal Bagi Kesehatan

makan berminyak

Tahukah Kamu?
Ternyata ada beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan setelah makan yang ternyata berbahaya. Menurut laman Bright Side, ada lima hal yang sangat tidak dianjurkan dilakukan setelah makan, berikut ulasannya:

1. Mandi

Siapa yang biasanya habis makan langsung mandi? Ternyata kebiasaan ini berbahaya, karena apabila kita makan langsung pergi mandi, disaat kita mandi suhu badan kita sedikit meningkat. Sehingga untuk mengatasi kenaikan suhu tubuh tersebut, tubuh kita mengirim sedikit lebih banyak darah kekulit, hal ini bisa merusak proses pencernaan dan memperlanbat metabolisme tubuh. Jadi sebaiknya kita mandi 30 menit sesudah makan.

2. Minum teh

Minum teh sehabis makan sepertinya sudah kebiasaan kita orang Indonesia. Karena, apapun makannya, minumnya pasti teh sosro, teh hangat, teh es. atau teh gelas.

Tahukah kalian, dari hasil penelitian para pakar bahwa minum teh sehabis makan itu dapat mengganggu penyerapan zat besi dan mineral dalam tubuh kita. Sehingaga anak-anak, ibu hamil dan orang-orang yang menderita kurang zat besi harus menghindari minum teh satu jam sehabis makan.

3. Tidur

Tidur sesudah makan sebenarnya sangat berbahaya, karena tidur dalam keadaan kenyang dapat menimbulkan heartburn atau rasa panas di dada, sendawa dan kenaikan asam lambung bahkan bisa meningkatkan resiko stroke. Para ahli bersepakat menayarankan kita untuk tidur minimal 2 jam sesudah makan.

4. Olah raga

Bagi sobat para pencinta olahraga, para ahli tidak menyarakan berolahraga setelah selesai makan, karena bisa menyebabkan ketidaknyamanan seperti cegukan, mual, kejang dan peningkatan resiko trauma. Jika ingin berolahraga, lakukanlah 2 jam sesudah makan atau bisa dengan berjalan kaki untuk mengawali olahraga.

5. Rokok

Kebiasaan merokok yang sering dilakukan sesudah makan juga berbahaya, karena saat kita makan, hampir semua sistem dalam tubuh kita bekerja selama proses pencernaan aktif. Saat merokok setelah makan nikotin akan diserap dua kali lipat banyaknya dari biasanya sehingga tentunya akan lebih berbahaya bukan?

Selain itu, tembakau terbukti bisa menghambat pnyerapan vitamin dan mineral salah satunya kalsium dan vitamin C dan D. sebaiknya memang kita disarankan untuk berhenti merokok atau jika belum bisa, merokoklah 20 menit setelah makan ya.


Itu dia 5 Kebiasaan Setelah Makan Yang Akan Berdampak Fatal Bagi Kesehatan yang tidak boleh dilakukan sehabis makan yang ternyata sering kita lakukan, karena sudah tahu, yuk mulai sekarang kita kurangi kebiasaan tersebut agar tubuh lebih sehat dan terhidar dari penyakit berbahaya.


EmoticonEmoticon