6/22/2017

Arti Makna Dan Asal-Usul Kata 'JOMBLO' Berikut Faktanya

Arti, Makna Dan Asal-Usul Kata "JOMBLO" Berikut Faktanya - Apa itu Jomblo ? Mungkin banyak orang yang menganggap jomblo itu tidak punya pasangan. Nyatanya........

Arti, Makna Dan Asal-Usul Kata "JOMBLO"



1. Asal-usul Kata Jomblo

Jomblo mungkin berasal dari bahasa sunda (JOMLO) yang sudah dibakukan ke dalam KBBI yang memiliki arti negatif dari gadis tua. Kata jomlo sering digunakan untuk menyebut perempuan yang sudah tua namun belum memiliki pasangan.
Arti, Makna Dan Asal-Usul Kata "JOMBLO"
Terus kenapa bisa berubah jadi JOMBLO ? Itu karena jomlo yang mungkin kurang enak dilafalkan. Akan jauh lebih baik jika diimbuhi huruf "B". Sehingga kata JOMBLO lebih sering digunakan daripada JOMLO.

Lambat laun, kata ini mengalami perluasan makna. Bukan hanya perempuan, laki-laki yang belum memiliki pasangan juga bisa diartikan sebagai jomblo.

2. Pengertian/Makna/Arti Jomblo

Setelah mengetahui asal-usul jomblo, sekarang saatnya kita mengenal lebih jauh pengertian dan makna jomblo itu sendiri.

Jomblo merupakan sebutan bagi seseorang yang tidak memiliki hubungan dengan lawan jenis. Sebenarnya, jomblo memiliki arti yang sama dengan sebutan 'lajang' atau 'single', namun sedikit memiliki perbedaan.

Apa perbedaan itu ?

Perbedaannya terletak pada pemahaman seseorang. Saat ini, istilah jomblo sudah menjalar di pikiran anak muda. Dibandingkan sebutan lajang atau single, saat ini istilah jomblo lebih familiar di dengar, baik di kalangan muda maupun dewasa.

Karena perluasan makna, ada beberapa orang yang memahami jomblo sebagai berikut :

LAJANG/SINGLE adalah PRINSIP

sedangkan

JOMBLO adalah NASIB

Konsep itu melahirkan sesuatu yang bersifat menyindir/mengejek orang yang bersangkutan. Seiring berjalannya waktu, muncullah istilah lain seperti JONES (Jomblo Ngenes), Jomblo Akut, JONATAN (Jomblo Menunggu Mantan), dan masih banyak lagi.

Kembali pada pemahaman makna, banyak orang memahami jomblo sebagai julukan bagi orang-orang yang belum/tidak memiliki pasangan. Sebenarnya JOMBLO = SINGLE. Tapi, jika kita kembali lagi pada konsep, saat ini sebutan JOMBLO sangat sering digunakan untuk menyindir seseorang.

Sindiran-sindiran tersebut dapat di ekspresikan melalui gambar atau kata-kata yang kocak dan lucu. Kita mengenalnya dengan istilah "MEME" *please jangan tambah huruf lain, karena bisa berubah makna.

Ini dia beberapa contoh meme karya anak Indonesia

sumber gambar : sumsel.tribunnews.com


EmoticonEmoticon