12/27/2016

Mandi Malam Apakah Berbahaya? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Mandi Malam Apakah Berbahaya? Berikut Penjelasan Lengkapnya - Kami yakin setidaknya sobat pernah melakukan kegiatan mandi malam sebelum tidur meskipun bukan rutinitas. Mandi adalah kewajiban yang harus di jalankan, selain untuk menjaga kebersihan, mandi juga akan menjaga kondisi tubuh kita agar tetap terlindungi dari segala penyakit dan mampu mengoptimalkan kesegaran tubuh.

Sayangnya ada sebagian orang karena kesibukannya tidak sempat melakukan kegiatan bersih-bersih ini di waktu yang wajar (dianjurkan dan biasanya) seperti mandi larut malam. Mandi dimalam hari sendiri sering dianggap tidak baik karena dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan tubuh, oleh sebab itu banyak orang tua yang selalu melarang anaknya melakukan mandi pada malam hari.

Hal itu memang tidak salah, karena bahaya mandi saat malam memang dapat menyebabkan berbagai penyakit, namun mandi malam juga memiliki manfaat bagi sebagian orang.

Nah, berbicara tentang mandi malam, kali ini kami akan menjelaskan tentang manfaat dan bahaya mandi tengah malam terhadap kesehatan. 

Manfaat Mandi Tengah Malam Bagi Kesehatan

ayah dan anak


1. Memberikan kesegaran
Pekerjaan sepanjang hari tentunya akan membuat badan anda terasa penat, lemas dan rasa tidak nyaman, dengan mandi dimalam hari akan menjadikan anda segar kembali. Mandi malam menggunakan air dingin akan membuat tubuh terasa lebih segar dibandingkan pagi hari.


2. Menurunkan tekanan darah tinggi
Manfaat mandi malam yang selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar tekanan darah(hipertensi), jika kalian adalah orang yang memiliki tekanan darah tinggi, bisa menjadikan mandi malam sebagai terapi untuk mengatasinya. Mandi malam di percayai dapat menurunkan tekanan darah tinggi, namun meskipun begitu, anda juga tidak disarankan mandi malam setiap hari.


3. Badan menjadi bersih
Sebenarnya tidak harus mandi ketika malam hari saja, mandi di pagi atau sore hari juga bermanfaat untuk membersihkan tubuh kita. Mandi kapan saja bermanfaat untuk membuat tubuh dan badan menjadi lebih bersih dan segar juga bermanfaat bagi kulit kotor karena aktifitas sepanjang hari.


4. Otot menjadi rileks
Kerja sepanjang hari akan membuat otot terasa begitu kaku, untuk itu anda bisa membuat otot kembali rileks dengan cara mandi pada waktu malam hari. Meskipun demikian, jangan melakukannya terlalu sering karena juga akan berdampak buruk nantinya.


5. Mengatasi insomnia
Insomnia adalah sebuah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti dengan gangguan fungsional saat bangun. Insomnia disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis, oleh karenanya jika anda merupakan salah satu penderita insomnia cobalah untuk melakukan mandi malam sebelum tidur, mandi dengan air hangat ketika malam hari akan membuat tidur anda menjadi lebih nyenyak.


Apa manfaat mandi malam hari?
Dari ulasan di atas kita ketahui, meskipun banyak isu yang beredar mengatakan bahwa mandi saat malam hari itu tidak baik, tapi sebenarnya ada beberapa manfaat yang belum kita ketahui. Tapi meskipun begitu, desas-desus yang di katakan banyak orang tua oleh anaknya agar tidak mandi di saat malam ada benarnya(bagi sebagian orang) berikut ini adalah beberapa penyakit yang akan muncul akibat mandi terlalu malam.


Efek Mandi Malam Bagi Kesehatan



1. Menyebabkan Rematik
Jika ibu atau ayah kita melarang anaknya agar tidak mandi malam, mereka sebenarnya mungkin tahu kalau mandi malam bisa menyebabkan rematik atau kesemutan.rematik mitos

Jawaban ilmiah untuk ini adalah : Mitos ini bisa dikatakan benar, penyakit rematik tergantung pada jenis rematik dan penyebab rematik itu sendiri. Sebagian besar rematik disebabkan karena adanya peradangan pada sendi, peradangan sendi ini bisa terjadi, salah satunya karena kekurangan hormon estrogen, osteoporosis, faktor genetik, hingga karena tingginya kandungan kadar asam urat dalam darah.

Sebenarnya kebiasaan mandi tengah malam tidak berpengaruh secara langsung terhadap timbulnya penyakit rematik. Melainkan berpengaruh terhadap timbulnya nyeri terhadap sendi dengan catatatan memang sudah memiliki riwayat penyakit rematik. Hal tersebut disebabkan dengan menyempitnya pembuluh darah yang ditimbulkan oleh hawa dingin yang akan berpengaruh pada kurang tersuplainya jumlah oksigen ke sendi sehingga terjadilah nyeri.


2. Paru-paru Basah
Ada lagi alasan mengapa orang tua dahulu sangat melarang kita untuk tidak melakukan kegiatan mandi malam, Selain penyakit rematik konon mandi malam juga berperan dalam datangnya penyakit paru-paru basah (berair).

Penjelasan ilmiah mengenai ini adalah : Paru-paru basah merupakan istilah yang sering digunakan oleh dokter/petugas medis untuk menunjukkan/menyatakan kelainan pada rongga paru-paru karena paru-paru terisi cairan tertentu. Penjelasan mudahnya adalah terjadinya proses peradangan, dan kenapa disebut basah, karena memang paru-paru terisi cairan radang.


Penyebab cairan tersebut bisa macam-macam, misalnya :
1. Tumor paru (baik yang asalnya dari paru-paru maupun proses penjalaran dari tumor di tempat lain)
2. Infeksi (TB paru, pneumonia, dll)
3. Trauma (misal hantaman benda tumpul di rongga dada, dll)


Sekarang sudah jelas bukan? Jadi jangan pernah takut lagi akan penyakit yang timbul jika mandi terlarut malam, karena solusi untuk menghindari efek dari bahaya mandi malam itu sendiri telah di jelaskan di atas, semoga dengan di publishnya artikel ini bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan anda ya sobat.


EmoticonEmoticon